Halloween Costume ideas 2015

Shalawat Bid’ah(?)

Shalawat Bidah(?)
oleh; Mahfud Washim

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا (الأحزاب: 56)
’’Sesungguhnya Allah Swt., dan malaikat-malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi Muhammad Saw., Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi Muhammad Saw., dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”­(al-Ahzab : 56)

Bagi penulis dalil di atas merupakan dalil utama mengenai anjuran bershalawat. Walaupun masih banyak dalil dari al-Quran dan Hadis, penulis mencoba mengkerucut serta mencoba menelisik satu dalil di atas. Bukan bermaksud mengeyampingkan dalil yang lainnya. Namun bagi penulis dalil di atas sudah lebih dari cukup untuk membuktikan shalawat itu bukanlah bid’ah sayyi’ah.
Walaupun sebenarnya fenomena membidahkan shalawat sudah menurun intensitas derasnya. Tetapi tetap saja ada sebagian kecil orang yang anti shalawat terutama mengenai shalawat nariyah. Mereka berdalih shalawat nariyah tidak dianjurkan dan tidak ada dalil dari al-Quran dan Hadis.

Langsung saja, sebelumnya kita harus tahu arti shalawat itu sendiri. Kalau kita melirik ayat di atas, ada tiga makna shalawat itu sendiri. Terlihat terdapat dua bentuk shalawat dan satu anjuran shalawat kepada umat Islam. Pertama, Allah Swt., bershalawat kepada nabi Muhammad Saw., Kedua, para malaikat juga bershalawat kepada nabi-Nya. Terakhir, tentu saja perintah beserta anjuran yang tersingkap dari kalimat صَلُّوا yang dalam kaidah usul fikih kalimat amr dengan menggunakan kata perintah sendiri mengandung maksud perintah langsung dari Allah Swt., kepada hamba-Nya untuk bershalawat.

Dalam tafsir Ibn Katsir, dinukilkan dari hadis Sahih Bukhari juz 8, hal. 392 bahwa arti shalawat Allah Swt., kepada nabi-Nya adalah pujian dari Allah Swt., dihadapan para malaikat. Allah Swt., memperlihatkan kedudukan tinggi kekasih-Nya tak lain adalah nabi Muhammad Saw., Kemudian diikuti para malaikat ikut bershalawat kepada-Nya serta perintah bershalawat kepada seluruh hamba-Nya untuk mengumpulkan seluruh pujian terhadap kekasih Allah Swt.,

Kemudian dari penukilan yang sama arti shalawat dari para malaikat kepada nabi Muhammad Saw., adalah sebuah penghormatan dan doa dari para malaikat kepada Rasulullah Saw., Ini jelas menunjukkan kalau kedudukan Rasulullah Saw., lebih tinggi daripada malaikat. Bahkan seandainya Allah Swt., tidak menciptakan nur Muhammad maka semua jagat seisinya beserta malaikat, jin, iblis, syurga dan neraka tidak akan diciptakan. Sebab itu pula tak heran jika para malaikat memberikan penghormatan dan doa terhadap Rasulullah Saw.,

Adapun maksud dari shalawat hamba-Nya kepada Rasulullah Saw., adalah sebagai bentuk permohonan syafaat atau pertolongan di hari kiamat nanti. Dari kalimat perintah dari ayat di atas jelas, bahwa membaca shalawat sangat dianjurkan kapanpun dan bagaimanapun. Banyak sekali riwayat mengenai anjuran dan tatacara bershalawat. Mulai dari setiap hadis mutawatir ataupun kutubussittah terdapat semua anjuran dan tatacara bershaalwat. Bahkan ketika kita mendengar nama Rasulullah Saw., kita anjurkan untuk langsung bershalawat. Dalam kitab Syaraful Musthafa, Abu Said berkata: dalam suatu kejadian ketika Aisyah menjahit, tiba-tiba hilang jarumnya, sementara lampu juga mati. Lalu datanglah Rasulullah Saw., seketika menjadi terang sehingga jarum yang hilang tadi dengan mudah ditemukan. Aisyah berkata: “alangkah terangnya wajahmu ya Rasulullah Saw.,” Kemudian Nabi bersabda: “Celakalah orang yang tidak bisa melihatku.” Lanjut Aisyah bertanya: “siapakah orang yang tidak bisa melihatmu ya Rasulullah?””Orang Bakhil.” Jawab Rasul. Aisyah kembali bertanya: ‘’siapakah orang bakhil itu?” Nabi menjawab: “ialah orang yang tidak membaca shalawat ketika mendengar namaku disebut.”

Sementara arti bid’ah menurut kbbi adalah perbuatan yang dikerjakan tidak menurut contoh yang sudah ditetapkan, termasuk menambah atau mengurangi ketetapan. Bid’ah sendiri ada dua; bid;ah hasanah (baik) dan bid’ah sayyi’ah(buruk). Agaknya sangat disayangkan jikamasih ada sebagian kelompok yang memasukkan shalawat dalam kategori bid’ah sayyi’ah, sebab dari kalimat amrdalam ayat diatas juga sangat jelas kalau bershalawat bagian dari hal baik-memohon syafaat-. Bukan berarti juga ketika ada seorang yang membuat syi’ir tentang shalawat dan mengumandangkannya lalu disebut bid’ah sayyinah. Banyak sekali karangan-karangan para sahabat, tabi’in, tabi’in tabi’in sampai para ulama yang menulis tentang segala hal yang mendiskripsikan akan kecintaan dan kerinduan mereka terhadap Rasulullah Saw.,

Dalam usul fikih mengenai salah satu bentuk kaidah amrberbunyi: “memerintahkan mengerjakan sesuatu berarti memerintahkan pula segala wasilahnya.” Semisal dalam perintah sholat tentu saja Allah Swt., secara tersirat memerintahkan untuk berwudlu dahulu, ketika tidak wudlu maka tidak sah salatnya. Begitu juga dalam bershalawat. Secara tersurat memang ada beberapa lafal yang digunakan untuk bershalawat. Namun hal ini juga tidak membatasi umat Islam untuk menulis tentang shalawat sebagai perlambang permohonan syafaat. Memang shalawat nariyah itu tidak tersurat dalam al-Quran dan Hadis, tetapi tidak ada juga larangan akan adanya hal tersebut. Kalaupun dilarang, bagaimana nasib ribuan bahkan jutaan karya para sahabat sampai ulama yang mengimplikasikan kecintaannya kepada baginda Rasylullah Saw.,?


Akhirnya, penulis sendiri sudah sangat muak, ketika masih ada orang yang membid’ahkan perkara baik. Seakan mereka punya kuasa untuk menilai kebenaran maupun kesalahan, atau bahkan kuasa untuk memasukkan orang yang bershalawat ke dalam syurga atau neraka. Apakah mereka lupa bahwa dasar dari sebuah keimanan adalah husnuzhan? Entahlah, penulis sendiri mempercayai seandainya kelak di yaumil qiyamah tidak mempunyai apa-apa setelah ditimbang amal, penulis yakin syafaat Rasullah Saw.,-lah yang akan membantu kita kelak. Wallahu a’alm bil al-shawwab.
Label:

Posting Komentar

Google Anda

facebook 1.1k

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget