Halloween Costume ideas 2015

Mengamalkan Zikir Pagi

Hasil gambar untuk tasbih

Mengamalkan Zikir Pagi

oleh: Lahmi Kurnia Binti Ibrahim

Allah menciptakan siang dan malam gelap dan terang, dan juga menciptakan bumi beserta langit dan segala isinya, agar semuanya tunduk atas ketetapannya , dan diantara makhluk-makhluknya diciptakanlah manusia yang pada saat awal mula terciptanya manusia Allah memberikan takdir bagi manusia untuk tidak hanya tunduk pada ketetapannya namun juga memikul tanggung jawab sebagai khaluifah di muka bumi.

Sebagaimana firmannya:
“ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi. Mereka berkata : mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji enEngkau dan mensucikan Engkau ?, Tuhan berfirman : sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Al-baqarah : 30 ).

Dan sejalan dengan firmannya:
“dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepadaKu.” ( adz-dzariyat : 56).

Sebagai makhluk yang memiliki posisi yang istimewa di muka bumi maka selayaknya manusia juga harus senantiasa tidak lepas dari segala pertanggung jawabannya disetiap waktu dan di segala tempat, dan dengan risalah kenabian yang diemban Rasulallah shallahu alaihi wasallam baginda  tidak hanya mengajarkan pada umatnya bagaimana menjalankan ibadah yang wajib kepada Allah saja dan bagaimana menjalankan muamalah kepada sesama manusia.

Rasulallahu shallallahu alaihi wasalam mengajarkan dan mewariskan kepada umatnya kalimat-kalimat toyibah munajat serta zikir-zikir yang dapat memberikan ketenangan ruhiyah kepada setiap individu yang mengamalkannya.

Diantara zikir yang di ajarkan baginda, ada zikir yang berbentuk kalimat doa yang memiliki keutamaan pad awaktu-waktu tertentu da nada pula zikir dan doa yang diutamakan dibacakan  pada tempat-tempat tertentu dan pada kejadian-kejadian  tertentu . sejalan dengan ayat Alquran:
“maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakana , dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu dimalam hari dan pad awaktu-waktu disiang hari , supaya kamu merasa senang.” ( thaha ayat 130 )

Bahwasanya tidaklah Allah menciptakan pergantian waktu melainkan agar makhluk-makhluknya senantiasa tidak lepas dari mengingatnya dari sejak bangun tidur hingga beristirahat kembali pada kesehariannya, dan diantara zikir yang diajarkan oleh Rasulallah terdapat zikir pagi yang memiliki keutamaan untuk menjaga setiap mukmin dari segala mara bahaya yang Nampak maupun yang tersembunyi dari pandangannya karena tidaklah ada malapetaka melainkan itu telah diketahui oleh Allah dan dialah yang maha mengetahui lagi maha melindungi.

Zikir pagi yang diajarkan oleh rasulallah secara ringkas berbunyi:
Allahumma bika asbahna wa bika amsayna wa bika nahya wa bika namutu wailaika nusur
Yang artinya ,
ya Allah dengan namamu kami melewati dan denganmu kami melewati petang karena mu kami hidup karena mu kami mati dan hanya kepadamu kami kembali.

Rasulallah juga bersabda , pada waktu pagi hari dan petang hari ucapkanlah:
Allahumma inni a’uzubuika minl hammi wal hazan wal ‘ajzi walkasal waljunni walbukhli wa dola’iddayni wagolabatirrijal
Artinya, ya Allah aku berlindung kepadamu dari kegelisahan dan kesedihan , dan aku berlindung kepadamu dari sifat lemas dan dari sifat malas , aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut dan sifat pelit, dan aku belindung kepadamu dari kekuasaan utang dan dari kekejaman manusia.

Dari doa-doa di atas dapat kita dapati bahwasanya Rasulullah mengajarkan pada kita bahwa kita adalah makhluk yang penuh kelemahan dan senantiasa bergantung pada kekuatan yang diberikan oleh Allah dalam menjaga keimanan dan produktivitas untuk mencapai tujuan-tujuan keduniawian.


Semoga dengan selalu menggantungkan  harapan kita kepada Allah sejak dari awal hari, zikir-zikir pagi seperti di atas dapat pula menjadi motivasi  yang memberi tambahan semangat dari dalam lubuk hati yang terdalam, dan senantiasa menjaga kesucian qalbu.
Label:

Posting Komentar

Google Anda

facebook 1.1k

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget