Halloween Costume ideas 2015

Kiat-Kiat Agar Dirindukan Manusia Oleh: Afdal Zikri

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
الحمد لله و الصلاة والسلام على رسول الله سيدنا محمد بن عبد الله و على اله و صحبه و من والاه

Kiat-Kiat Agar Dirindukan Manusia
Oleh: Afdal Zikri
 
1.     Mengucapkan salam

قال النبي صلى الله عليه و سلم: لا تدخلوا الجنة حتى تؤمنوا ولا تؤمنوا حتى تحابوا الا ادلكم على شيء ان فعلتمواه تحاببتم؟ افشوا السلام بينكم
Rasulullah SAW bersabda: kalian tidak masuk surga hingga kalian beriman, kalian tidak beriman hingga kalian saling mencintai, apakah aku tidak mengajarkan kepada kalian terhadap sesuatu yang jika kalian mengerjakannya maka kalian akan saling mencintai? Mengucapkan salam diantara kalian. Diantara ucapan salam ialah,
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Dengan ucapan salam ini, berarti kita memohonkan keselamatan untuk saudara kita dari segala kejahatan dunia, dan agar ia mendapatkan berkah dan rahmat dari tuhannya. Lafazh 'السلام' ialah salah satu nama dari nama-nama Allah SWT.

2.     Menghindari marah
Marah ialah sikap yang buruk, karena marah membuat sempit komunikasi kita dengan orang lain. Allah SWT telah melarang kita dari perilaku tercela ini. Tatkala seseorang datang kepada Rasulullah SAW lalu berkata: 'اوصني' Beri aku nasehat ya Rasulullah?, lalu Rasulullah bersabda: 'لا تغضب' Jangan marah, dan mengulangnya beberapa kali.
Marah juga membuat kita menjadi orang yang merugi di hari kiamat nanti, karena Allah mengambil kebaikan kita lalu memberikannya kepada orang yang kita laknat dan cela. Dan marah adalah kunci dari segala bentuk kejahatan dan keburukan.

3.     Bersikap zuhud terhadap keunggulan orang lain

قال الرسول صلى الله عليه و سلم: ازهذ فيما في ايدي الناس
Rasulullah SAW bersabda: bersikap zuhud lah terhadap kelebihan orang lain.
Karena, ketika orang lain merasa bahwa kita mengincar apa yang ia miliki. Maka ia akan takut kepada kita dan membenci kita.

4.     Berakhlak yang baik

قال تعالى: وانك لعلى خلق عظيم
Allah SWT berfirman: Agar kalian berprilaku yang baik. Ayat ini menunjukkan bahwa islam memberikan perhatian khusus terhadap prilaku baik, terbukti dengan tujuan diutusnya Rasulullah SAW ialah untuk memperbaiki akhlak.

5.     Menjadi pribadi pemaaf

قال تعالى: وليعفوا وليصفحوا الا تحبون ان يغفر الله لكم
Allah SWT berfirman: maafkanlah dan relakanlah meskipun kalian tidak menyukainya agar Allah mengampuni dosa kalian. Ayat ini menjelaskan tatkala kita menginginkan ampunan Allah SWT, kita mesti memaafkan dan merelakan kesalahan orang lain terlebih dahulu, maka Allah akan mengampuni kita.

6.     Berdamai antara dua bersaudara yang saling dendam, sepasang kekasih yang saling berjauhan dan dua orang sahabat yang saling membenci
Dengan berdamai maka akan memudahkan kita memperoleh ridha Allah dan cinta manusia. Orang yang memiliki sifat ini, maka ia akan dicintai orang banyak dan dibutuh masyarakat.

قال الله تعالى: انما المؤمنون اخوة فاصلحوا بين اخويكم و اتقوا الله لعلكم ترحمون
Allah SWT berfirman: sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara maka berdamailah sesama saudara kalian, dan bertakwalah pada Allah agar kalian disayangi.

7.     Selalu berprasangka baik
Berprasangka buruk merupakan perilaku tercela dan akan berkibat kepada saling membenci dan dendam.

قال الله تعالى: اجتنبوا كثيرا من الظن ان بعض الظن اثم
Allah SWT berfirman: hendaklah kalian menjauhi berburuk sangka, karena bersama buruk sangka itu ada dosa.

8.     Menghindari adu domba
Ketika kita membicarakan keburukan seseorang dan jauh dari kenyataan saat itulah kita secara tidak langsung sedang memakan bangkai saudara kita sendiri.

قال الله تعالى: ولا تجسسوا ولا يغتب بعضوكم بعضا، أيحب أحدكم أن يأكل لحم أخيه ميتا فكرهتموه
Allah SWT berfirman: dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain dan jangan kalian saling menjelek-jelekan, apakah kalian suka memakan bangkai saudaranya, maka kalian akan membencinya.

9.     Menjadi pribadi yang tawadhu'

النبي صلى الله عليه و سلم يقول: لا يدخل الجنة من كان في قلبه ذرة من كبر
Nabi SAW bersabda: tidak akan masuk surga bagi siapa yang di hatinya secuil kesombongan.
Semoga Allah memberikan kita kekuatan untuk mengamalkan kiat-kiat ini, dan menjadikan kita pribadi yang tidak hanya dirindu oleh manusia tapi juga oleh Allah SWT. Aamiin.
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته و



Label:

Posting Komentar

Google Anda

facebook 1.1k

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget