Halloween Costume ideas 2015

Memberi ucapan selamat terhadap umat Kristen dalam kaca mata islam Oleh: Samsul Bahri Bin Taufik.


Memberi ucapan selamat terhadap umat Kristen dalam kaca mata islam
Oleh: Samsul Bahri Bin Taufik.
Tahun baru masehi selalu diperingati dengan begitu meriaht yang dilakukan di seluruh penjuru dunia, bersamaan dengan itu uman Kristen memperingati hari lahirnya yesus kristus atau Nabi Isa. a.s. hal yang biasa dilakukan pada saat itu adalah ucapan selamat bagi orang yang merayakan, dalam hal ini bolehkah seorang muslim mengucapkan selamat ulang tahun lahirnya yesus kristus terhadap umat Kristen?
Dikalangan umat islam terjadinya perbedaan pendapat mengenai hal ini yang terbagi kedalam dua golongan; golongan pertama yaitu golongan mutasyadidin mengharamkan hal semacam ini, sedangkan golongan kedua yaitu golongan yang berpegang pada manhaj wasathi membolehkannya. Masing- masing Kedua golongan ini mempunyai dalil yang dijadikan sumber pagangan terhadap pendapatnya.
Dalil golongan pertama
Diantara ayat-ayat al quran yang diambil untuk dijadikan dalil mengharamkan ucapan selamat hari raya uamat Kristen sebagai berikut:
1)      Firman Allah, SWT:
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى أَوْلِيَاءَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ} [المائدة: 51]
(Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan orang-orang Yahudi dan Nasrani sebagai temanmu (pemimpinmu); mereka satu sama lain saling melindungi, barangsiapa diantara kamu yang menjadikan mereka sebagai teman (pemimpin), maka dia termasuk golongan mereka. Sungguh Allah tidak member petunjuk kepada orang0-orang zalim).
Dalam ayat ini Allah melarang orang mukmin menjadikan umat yahudi dan nasrani sebagai sekutu, karib, penolong. Barang siapa yang melakukannya maka dia telah digolongkan dari mereka. Maka sudah semestinya umat islam tidak boleh melakukan apapun hubungan yang bermaksud sekutu (أولياء) seperti melakukan ucapan selamat hari raya. Jika seorang muslim melakukan hal tersebut berarti dia telah melanggar sebuah ketentuan yang telah Allah sampaikan dalam ayat ini.
2)      Firman Allah, SWT:
}إِنَّمَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ قَاتَلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَأَخْرَجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ وَظَاهَرُوا عَلَى إِخْرَاجِكُمْ أَنْ تَوَلَّوْهُمْ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ} (الممتحنة: 9)
(sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan mereka sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu dalam urusan agama dan mengusir kamu dari kampong halamanmu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Barang siapa yang menjadikan mereka sebagai kawan, mereka itulah orang yang zalim.
Setiap kafir yang memerangi orang islam dan mengeluarkannya dari negeri mereka maka haram hukumnya menjadikan mereka sebagai sekutu atau saudara. Menurut pandangan golongan pertama ini Umat Kristen juga merukan salah satu yang memusuhi dan memerangi islam atas dasar agama sehingga umat islam dilarang melakukan apapun bentuk kebaikan terhadap mereka, seperti mengucapkan selamat hari raya, atau selamat memperingati tahun baru.
Inilah diantara ayat-ayat yang dijadikan sebagai dalil untuk mengharamkan ucapan selamat terhadap umat Kristen.
Adapun golongan kedua juga mempunyai dalil pegangan bagi mereka untuk menghalalka hal demikian, diantara dalil yang mereka ambil dari Al Quran adalah sebagai berikut:
1)      Firman Allah:
{لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ} [الممتحنة: 8]
(Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampong halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil)
Dalam ayat ini Allah membolehkan umat islam untuk berbuat baik dan adil terhadap non muslim yang tidak memeranginya, dan tidak mengusirnya dari tempat tinngalnya, mereka berhak dijadikan sebagai kawan, sekutu yang saling hidup berdampingan di sebuah Negara untuk mempertahankan Negara dari serangan luar. Ucapan selamat hari raya merupakan salah satu cara berbuat baik, karena hal tersebut bisa membuat mereka terasa bahagia, dan juga dapat mandatangkan keharmonisan antara keduabelah pihak, maka tidak salahnya kalau seorang muslim mengucapkan selamat tahun baru masehi atau selamat memperingati hari lahirnya Nabi Isa.as.
2)      Sabda Rasulullah,SAW:
(مَنْ قَتَلَ نَفْسًا مُعَاهَدًا لَمْ يَرِحْ رَائِحَةَ الجَنَّةِ، وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ أَرْبَعِينَ عَامًا). أخرجه البخاري في صحيحه، حديث رقم (6914).
(barang siapa membunuh jiwa seorang kafir zimmi maka dia tidak dapat memcium bau surga, dan sesungguhnya bau itu akan didapati dari perjalanan empat puluh tahun)
3)      Ijma ulama bahwa apabila non muslim membuatkesepakatan damai dengan muslim, tidak melakukan perlawanan, dan membantu muslim dalam memerangi musuhnya, maka wajib bagi muslim untuk memperbolehkan mereka hidup dengan keyakinannya, dan melindunginya.
Dari sini dapat kita simpulkan bahwa mengucapkan selamat hari raya terhadap umat Kristen tidak bertentangan dengan ajaran islam, karena agama islam ini adalah agama yang penuh kasih sayang dan toleransi, islam tidak memerangi siapa saja yang mau hidup dengan umatnya dalam kedamaian dan kasih sayang, islam hanya memerangi mereka yang memusuhi islam, dan menghambat dakwahnya saja. Maka oleh karena itu, pendapat golongan kedua lebih kuat, dan patut diambil terlebih lagi saat kondisi umat islam seperti ini.

Adapun ayat-ayat al quran yang melarang umat islam melakukan kebaikan terhadap non muslim itu hanya ditujukan terhadap non muslim yang ingin menghancurkan islam, bukan terhadap non muslim secara umum, dan bukan juga karena perbedaan agama pada dasarnya. Kalau kita lihat kepada ayat-ayat sebelumnya jelas bahwa ayat itu khusus ditujukan terhadap siapa saja yang memusuhi islam. Sebagaimana telah dikemukakan oleh Muhammad rasyid ridha dalam tafsir Al Manar.

Posting Komentar

Google Anda

facebook 1.1k

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget