Halloween Costume ideas 2015

Manhaj ilmu

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل و سلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله و صحبه أجمعين
Manhaj ilmu
Oleh: ApriantiManhaj adalah jalan yang jelas dalam mngerjakan sesuatu, dengan permulaan dan proses tertentu  untuk sampai kepada sesuatu yang di harapkan .
Setiap orang pasti punya manhaj masing- masing dalam kegiatan kehidupan nya . misalkan seorang yang sedang mencari ilmu  punya manhaj nya sendiri . mulai darimana kita harus mengawali ? apa saja yang harus dilakukan sebagai seorang yang sedang mencari ilmu ? ilmu yang seperti apa yang kita cari? Apa tujuan kita mencari ilmu? Apa keutamaan ilmu ? Yuk kita bahas.....
Sebelum kita menjawab semua pertanyaan yang tadi , kita harus tahu dulu apa arti ilmu itu.
Ilmu adalah pengetahuan dan  keyakinan, atau ilmu itu lawan dari kebodohan. Mengapa kita harus mencari ilmu? apa keutamaan ilmu sehingga kita mencari nya. Imam asy-syafi’i mengatakan barangsiapa yang tidak menyukai ilmu maka tidak ada kebaikan pada dirinya,maka tidak ada pengetahuan diantara kamu dan ilmu dan kebenaran ,sesungguhnya ilmu itu penghidup hati dan penerang hati. Imam ali bin abi tholib mengatakan ada tujuh pintu dimana  ilmu itu lebih baik dari pada harta,
1. ilmu itu warisannya para nabi sedangkan harta itu warisan nya firaun.
2. ilmu itu tidak berkurang apabila diberikan  , sedangkan harta berkurang.
3. harta itu dijaga,sedangkan ilmu itu menjaga pemiliknya.
4. apabila seseorang meninggal dunia, harta akan tinggal di dunia sedangkan ilmu      akan ikut masuk bersama pemiliknya ke alam kubur.
5. harta itu bermanfaat untuk orang yang beiman dan orang kafir sedangkan ilmu hanya bermanfaat untuk orang yang beriman
6. semua manusia membutuhkan orang yang alim dalam urusan agama ,sedangkan mereka tidak membutuhkan orang yang mempunyai harta
7. ilmu memperkuat seseorang untuk melewati jalan sirotol mustaqim sedangkan harta tidak seperti itu.
Banyak ayat al quran yang menjelaskan tentang keutamaan al quran diantaranya :
يرفع الله الذين ءامنوا منكم واوتوا العلم الدرجات (المجادلة : 11)
قل هل يستوى الذين يعلمون و الذين لا يعلمون (الزمر : 9)

وعن ابن عمر رضي الله عنه ( مجلس فقه خير من عبادة ستين سنة )
Dari ibnu umar majelis ilmu itu lebih baik dari pada ibadah 60 tahun. Mengapa? Karena ilmu itu untuk umum sedangkan ibadah sunah itu hanya terbatas untuk dirinya sendiri.
Setelah kita mengetahui tentang keutamaan ilmu itu , bahwasan nya orang yang berilmu itu tinggi kedudukannya dalam pandangan alloh atau dalam pandangan makhluk . maka kita akan bertanya apa tujuan kita belajar atau mencari ilmu ?  tujuan kita belajar adalah supaya kita bisa hidup . artinya ilmu itu mengajarkan kita bagaimana kita bermuamalah dengan sang kholiq, bagaimana kita bermuamalah bersama sesama manusia, bagaimna kita bermuamalah bersama hewan, tumbuhan, dan makhluk lain . bagaimana kita bermuamalah dengan dunia dan bermuamalah dengan akhirat .  nah semuanya kita akan mengetahuinya melalui ilmu.
Tujuan sudah kita ketahui , selanjutnya kita harus mengetahui langkah awal , apa yang harus kita jalani dalam mencari ilmu.
Langkah yang pertama adalah seorang yang mencari ilmu harus mengetahui rukun ilmu. rukun ilmu di ibaratkan sebagai sayap dalam seekor burung. Burung tidak akan bisa terbang jika tidak mempunyai sayap, begitu pula seorang pencari ilmu tidak akan mamapu menghasilkan ilmu jika tidak mengetahui rukun ilmu . kata syekh usamah al azhari bahwasannya rukun ilmu itu sperti  rukun islam ada lima :
1. Guru
Guru adalah orang yang memberikan pemahaman yang benar kepada muridnya . karena guru belajar dari gurunya lagi dan gurunya belajar dari gurunua lagi sampai ke baginda Rosululloh SAW, melalui sanad muttasil . imam abdulloh ibnu mubarok mengatakan sanad dari agama , kalau seandainya tidak ada sanad maka orang akan mengatakan semaunya .  guru juga sangat berperan penting pengaruhnya di dalam proses bermuamalah seorang murid dalam kehidupannya.
2. murid
Murid yang datang untuk menjemput ilmu . yang terpenting bagi seorang murid bukan hadir hanya sekedar jasad atau tubuhnya saja , akan tetapi hati pun harus ikut haadir di majlis itu, kenapa? Karena ilmu itu amal hati berbeda dengan yang lain.  Seorang murid harus menjaga tatakrama dengan gurunya. Seorang murid harus memahami .
3. kitab
Kitab adalah kumpulan dari perkataan para ulama. Kitab ada 2 macam  , kitab yang di pakai untuk morojaah dan membaca  dan kitab yang dibaca untuk belajar.                        Kitab adalah sebaik baik teman.
4. lingkungan
Seorang pencari ilmu harus mempunyai lingkungan yang mendukung untuk menambah kesungguhan dan semangat dlam belajar . bermulazamah bersama guru, kemudian mudzakaroh , munaqosyah dsb.
5. manhaj
Manhaj adalah tingkatan setiap seorang murid , mulai dari tingkat awal ,prtengahan sampai tingkat akhir. Karena setiap kitab mempunyai tingkatan tertentu .
Alhmadulillah mudah mudahan ini bermanfaat utuk pribadi khususnya dan untuk orang lain .
                               






Posting Komentar

Google Anda

facebook 1.1k

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget