Halloween Costume ideas 2015

Asbabun Nuzul

Asbabun Nuzul
Oleh: Alen Erik
A.      Pengertian Asbabun Nuzul
           Secara etimologis Asbabun Nuzul terdiri dari kata “asbab” yang berarti alasan atau sebab  sedangkan kata  “nuzul” berasal dari kata nazala yang berarti turun .
           Menurut Al-ghazali  “nuzul”adalah perpindahan sesuatu dari posisi tertinggi ke posisi yang rendah . Dengan demikian Asbabun Nuzul adalah suatu berita tentang sebab-sebab turunya wahyu tertentu kepada nabi Muhammad SAW, baik berupa satu ayat maupun rangkaian ayat.
           Para ulama berpendapat bahwasanya sebab turunya ayat-ayat Al quran kepada nabi Muhammad SAW dengan dua sebab :
Pertama,  ayat-ayat yang diturunkan karena suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi pada                                        zaman  nabi Muhammad  SAW, Contoh sebab turunya ayat-ayat al quran karena suatu peristiwa atau kejadian yaitu sebab turunya surat  an-nisa’ ayat 43 yaitu tentang larangan sholat bagi orang yang mabuk sebagaimana Allah SWT berfirman :
(ياءيها الذي ءامنو لا تقربوا الصلوة و انتم سكرى حتى تعلموا ما تقولون ...... )                                        
Kedua, ayat-ayat yang di turunkan karena suatu pertanyaan yang di tujukan pada nabi Muhammad SAW,Contoh sebab turunya ayat-ayat al quran karena suatu pertanyaan yaitu  orang yahudi yang bertanya kepada Rosulullah tentang Ruh sebagaimana firman Allah SWT:
(و يساءلونك عن الروح قل الروح من امر ربي..........)                                                                  
           Para ulama salaf terdahulu untuk mengemukakan sesuatu mengenai asababun nuzul mereka amat berhati-hati,tanpa memiliki pengetahuan yang jelas mereka tidak berani untuk menafsirkan suatu ayat yang telah di turunkan.
            Muhammad Ibn Sirin mengatakan ketika aku tanyakan kepada ‘ubaidah tentang satu ayat al quran, kemudian di jawab olehnya Bertaqwalah kepada Allah dan berkatalah yang benar, karena orang-orang yang mengetahui mengenai apa quran itu di turunkan telah meninggal, artinya  apabila seorang ulama yang termasuk tokoh tabi’in terkemuka sudah demikian berhati-hati dan cermat mengenai riwayat dan kata-kata yang menentukan , maka hal ini menunjukan bahwa seseorang harus mengetahui benar-benar asbabun nuzul.
           Kemudian kita di tuntut juga harus teliti dalam mengambil riwayat sebab turunya suatu ayat karena yang dapat di jadikan pegangan dalam asbabun nuzul adalah riwayat ucapan-ucapan sahabat yang bentuknya seperti musnad ,yang secara pasti menunjukan asbabun nuzul.

B.      Sejarah Perkembangan Ilmu Asbabun Nuzul
             Sejak zaman sahabat ,pengetahuan tentang asbabun nuzul di pandang sangat penting  untuk bisa memahami penafsiran Al quran yang benar. Karena itu mereka berusaha untuk mempelajari ilmu ini. Mereka bertanya kepada nabi SAW tentang sebab-sebab turunya ayat atau kepada sahabat lain yang menjadi  yang menjadi saksi sejarah turunya ayat-ayat Al quran. Dengan demikian pula para tabi’in yang dating kemudian ,ketika mereka harus menafsirkan ayat-ayat hukum, mereka memerlukan pengetahuan asbabun nuzul agar tidak salah dalam mengambil kesimpulan.
             Dalam perkembanganya ilmu asbabun nuzul menjadi sangat penting, hal ini tak lepas dari jerih payah perjuangan para ulama yang mengkhususkan diri dalam uapaya membahas segala ruang lingkup sebab turunya al quran . Diantaranya yang terkenal yaitu Ali bin madini,Al wahidy  kitabnya Asbabun nuzul, Ibnu hajar yang mengarang sebuah kitab mengenai asbabun nuzul  dan As suyuthi mengarang kitab Lubab asbabun nuzul.

C.      Faedah mengetahui Asabun nuzul dalam lapangan pendidikan dan pengajaran
Dalam dunia pendidikan, para pendidik mengalami banyak kesulitan dalam                       
 penggunaan media pendidikan yang dapat membangkitkan perhatian anak didik supaya jiwa mereka siap menerima pelajaran dengan penuh minat dan seluruh potensi intelektualnya terdorong untuk mendengarkan dan mengikuti pelajaran. Seorang guru sebenarnya tidak perlu membuat pengantar pelajaran dengan sesuatu yang baru ,sebab bila ia menyampaikan sebab nuzul, maka kisahnya itu sudah cukup menarik perhatian, menarik minat, memusatkan potensi intelektual dan menyiapkan jiwa anak didik untuk menerima pelajaran serta mendorong mereka untuk mendengarkan dan memperhatikanya.
              Mereka segera dapat memahami pelajaran itu secara umum dengan mengetahui asbabun nuzul karena di dalamnya terdapat unsur –unsur kisah yang menarik. Dengan demikian, jiwa mereka terdorong untuk mengetahui ayat apa yang di turunkan sesuai dengan sebab nuzul itu serta rahasia-rahasia perundangan dan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya , yang kesemua ini memberi petunjuk kepada manusia ke jalan kehidupan yang lurus,jalan menuju kekuatan,kemuliaan dan kebahagian.
              Para  pendidik dalam dunia pendidikan dan pengajaran di bangku-bangku sekolah ataupun pendidikan umum, dalam memberikan bimbingan dan penyuluhanya perlu memanfaatkan konteks asbabun nuzul untuk memberikan  rangsangan  kepada anak didik yang tengah belajar dan masyarakat umum yang dibimbing. Cara demikian merupakan cara paling bermanfaat dan efektif untuk mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan tersebut dengan mempergunakan metode pemberian pengertian paling menarik dan bentuk paling tinggi.
           
          
    


Posting Komentar

Google Anda

facebook 1.1k

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget