Halloween Costume ideas 2015

PERTUMBUHAN EKONOMI 2013: Target 6,8% Dinilai Terlalu Optimistis

Target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8% pada 2013 dinilai terlalu optimistis, jika melihat banyaknya perencanaan pemerintah yang belum berjalan secara efektif. Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 hanya di kisaran 6,3%-6,4% dengan perkiraan kondisi ke depan yang masih tetap sama seperti sekarang. “Kalau [pertumbuhan] 6,8% terlalu optimis, kecuali memang pembangunan infrastruktur yang dicanangkan benar-benar [berjalan] efektif. Tetapi kalau melihat berbagai bottlenecking selama ini, sulit juga,” ungkapnya saat dihubungi Bisnis, Senin (8/10/2012).

 Dia menilai jika pemerintah sulit menyelesaikan permasalahan efektivitas dalam menjalankan perencanaan pembangunan infrastruktur maka perencanaan itu semata-mata menjadi pencitraan saja. “Tapi kalau semua pola dan mekanismenya masih sama, gak akan banyak [memberikan] efek, selain untuk pencitraan,” ujarya. Enny juga menilai adanya high cost economy yang ikut menghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dia mengatakan salah satu sumber utama sumber high cost economy ini berasal dari birokrasi Indonesia.

 “[High cost economy] Bisa berasal dari biaya-biaya siluman, tidak adanya penyederhanaan birokrasi dan perizinan, termasuk model perpajakan,” paparnya. Enny menjelaskan high cost economy hanya akan mengurangi daya saing produk dalam negeri terhadap produk luar negeri. “Dari high cost economy [menyebabkan harga] naik 20%-40% terhadap harga pokok produksi. Ini mengurangi daya saing.” Namun, dia berpendapat target pemerintah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 6,8% pada 2013 bukan tidak mungkin sama sekali untuk terealisasi. Salah satu upaya pemerintah, tambahnya, adalah mempercepat proses debottlenecking untuk meningkatkan efektivitas pada belanja infrastruktur.


sumber : klik

Posting Komentar

Google Anda

facebook 1.1k

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget