Halloween Costume ideas 2015

Doa

Bagaimana bisa menjadikan segala sesuatu mendoakan anda?!
Oleh: Muherman Numrah, Lc

Ajarkanlah kebaikan-berupa ilmu-ilmu Agama ataupun ilmu dunia-maka sesungguhnya Allah, para Malaikat-Nya, semut di sarangnya, ikan-ikan di lautan..sungguh mereka bershalawat kepada orang yang mengajarkan manusia kebaikan. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:

إن الله وملائكته وأهل السماوات والأرض حتى النملة في جحرها وحتى الحوت ليصلون على معلم الناس الخير ) . رواه الترمذي وقال حسن غريب قال الشيخ الألباني: ( حسن ) أنظر: مشكاة المصابيح [1 / 46 ] وصحيح الترغيب والترهيب [1 / 19 ]

Sesungguhnya para malaikat, serta semua penduduk langit-langit dan bumi, sampai semut-semut di sarangnya, mereka semua bershalawat atas orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (HR. At-Tirmizi no. 2685 dan dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib: 1/36 dan Shahih Al-Jami’ no. 1883).

Talikanlah dua shalat, seperti: kita duduk mengingat Allah di Masjid antara Maghrib dan Isya, karna sesungguhnya malaikat selalu meminta ampun kepada Allah untuk anda, mereka berdo’a: Ya Allah ampunilah dia, sayangilah dia dan maafkalah dia!

((لا يزال العبد في صلاة ما كان في مصلاه ينتظر الصلاة، وتقول الملائكة: اللهم اغفر له، اللهم ارحمه، حتى ينصرف أو يحدث)). متفق عليه
Selagi seorang hamba di tempat shalatnya, dan dia tidak berada di tempat shalatnya melainkan menunggu shalat berikutnya, para Malaikat akan berkata (berdoa): Ya Allah ampunilah dia, sayangilah dia, hingga hamba ini pergi atau berhadats (batal wudhu’nya)”. (Muttafaqun ‘ALaih).

Tidurlah dalam keadaan berwudhu! sebab Para Malaikat akan selalu berdoa kepada orang yang tidur dalam keadaan berwudhu. Sebagaimana pada hadits:

"طَهِّرُوا هَذِهِ الأَجْسَادَ طَهَّرَكُمُ اللَّهُ فَإِنَّهُ لَيْسَ عَبْدٌ يَبِيتُ طَاهِرًا إِلا بَاتَ مَلَكٌ فِي شِعَارِهِ لا يَنْقَلِبُ سَاعَةً مِنَ اللَّيْلِ إِلا قَالَ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا"

Sucikanlah jasad-jasad ini, maka Allah akan mensucikanmu, karna sesungguhnya tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci (berwudhu) melaikan seorang Malaikat berdiam di rambutnya, dan tidak pula ia berbalik satu jam pada malam itu, melaikan Malaikat berkata “Ya Allah ampunilah hamba-Mu ini..karna ia tidur dalam keadaan suci!”. (HR. Thabrani, di hasankan oleh Syaikh Al-Bani).

Mintalah doa dari kedua orang tua anda, karna sesungguhnya doa bapak dan ibu doa yang tidak akan ditolak.

ثلاث دعوات لا ترد : دعوة الوالد لولده، و دعوة الصائم، و دعوة المسافر

Tiga doa yang tidak akan tertolak: Doa orang tua terhadap anaknya, doa orang yang berpuasa dan doa orang yang dalam perjalanan”.

Carilah orang yang berbakti kepada orangtuanya, baik itu laki-laki ataupun perempuan, dan mintalah doa kepada mereka..karna do’a mereka mustajab insya Allah. Sebagaimana Nabi mewasiatkan kepada para sahabatnya supaya meminta doa kepada uwais all-qarni yang terkenal dengan orang yang paling berbakti kepada orang tuanya.

Talkinkan anak anda doa-doa mudah dan ajarkan dia bagaimana mengucapkannya, kemudian amin-kan oleh anda. Karena sesungguhnya mereka belum berdosa, sebagaimana di ketahui bahwasanya Allah ‘Azza Wajalla akan menerima syafaat mereka terhadap orang tua mereka.

Wasiatkan orang lain (seperti teman anda), karna shohih dari Nabi bahwasanya doa seorang muslim terhadap muslim lainnya di kejauhan merupakan diantara doa yang tidak akan di tolak. Sebagaimana sabda Nabi:

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ ِلأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِيْن وَلَكَ بِمِثْل (رواه مسلم)

“Doa seorang muslim untuk saudaranya di kejauhan mustajab, di kepalanya terdapat malaikat yang di tugaskan, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya berupa kebaikan, maka malaikat yang ditugaskan tersebut berkata: “Amiin, dan engkaupun mendapatkan hal serupa“ (HR.Muslim).

Santunilah binatang dan hewan, pergilah anda ke laut atau ke sungai, jangan lupa bawa sepotong roti atau makanan yang lainnya dan berilah ikan-ikan tersebut makanan yang anda bawa supaya mereka bersyukur kepada Allah terhadap kebaikan anda. Atau pergilah ke tempat anda menjumpai perkumpulan merpati, tebarkanlan kepada mereka biji-bijian, sehingga mereka bersyukur kepada Allah terhadap makanan yang anda berikan kepada mereka. Atau letakkanlah sebuah bejana kecil atau tempat yang bisa menyimpan air, letakkanlah ia ditempat biasa kucing minum, sehingga ia bisa memimun air yang anda kasih untuk mereka, dan merekapun bersyukur kepada Allah terhadap air yang anda tempatkan untuk mereka. Sebagaimana hadits seorang wanita pelacur bani israil diampuni karna memberi minum anjing yang sedang kehausan. Mintalah kepada Allah, agar kita di jadikan diantara orang-orang berdoa terhadap Malaikat Pemikul ‘Arsy, sebagaimana pada surat Ghafir ayat 7:
Orang-orang yang memikul ‘Arsy (Malaikat) dan orang yang di sekitar mereka bertasbih memuji Tuhan mereka dan beriman dengan-Nya, dan meminta ampun untuk orang-orang beriman…” sampai ayat 9. Sedangkan mereka berdo’a untuk anda seperti itu setiap harinya.

Laksanakanlah Umrah, dan berusahalah untuk memperbanyak talbiah, karna tidak ada sesuatupun yang mendengar talbiah anda melainkan mereka ikut bertalbiah bersama anda; sehingga bebatuan, pepohonan dan lumpur memohon ampun kepada Allah untuk anda.

Ya Allah, ampunilah hamba dan orang-orang yang membaca tulisan ini dan menyebarkannya, dan kumpulkanlah kami di surga-Mu, Amin.



Label:

Posting Komentar

Google Anda

facebook 1.1k

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget